Review Dr. Romantic 3 (2023), Drakor yang Bikin Paham Istilah Medis

 adegan Dr. Romantic 3

Telat banget baru review pas dramanya baru tamat. Tapi gak apa-apa, yang penting bahas kan? Gak kerasa Dr. Romantic udah season 3 aja. Jadi inget dulu pas pertama kali nonton drakor ini berasal dari iseng doang padahal.

Waktu itu lagi bingung nonton apa, terus liat yang season 1 nya baru tamat. Awalnya gak mau nonton soalnya pemainnya gak ada yang dikenal semua. Siapa yang sangka, aku bakal ngikutin sampai season ketiganya.

Nah, langsung aja yuk baca review Dr. Romantic season 3 dari aku!

Baca juga: Crash Course In Romance (2023), Kisah Cinta Guru Bimbel dan Ortu Murid

Sinopsis Dr. Romantic 3

Drama ini berfokus pada kehidupan para perawat dan dokter di rumah sakit Doldam. Bisa dibilang Doldam berada di tempat terpencil di tengah hutan. Waktu season 1 pun peralatan medis yang dipake masih kuno banget, menuju artefak kali ya. Dari luar sih keliatan jelek, tapi skill dokternya ajib banget deh.

Setelah di season 1 dan 2 fokus konfliknya berperang dengan ketua yayasan. Kali ini konfliknya berfokus pada pembangunan trauma center Doldam. Belum resmi dibuka aja mereka udah dihadapkan berbagai konflik. Mulai dari boikot kepala pusat trauma, masalah anggaran, malpraktik medis, dll.

Gak cuman masalah internal eksternal Doldam. Hubungan percintaan yang terjadi pada orang-orang Doldam juga menghadapi masalah. Cha Eunjae-Seo Woo Jin yang gak direstuin, hingga Yoon Ah Reum-Park Euntak yang mengalami masalah komunikasi.

Pemeran Dr. Romantic 3

1. Han Suk Kyu as Kim Sabu (Boo Yeong Ju)

Han Suk Kyu di Dr. Romantic 3

Pusat dari segala pusatnya Doldam. Meski menjabat sebagai kepala bedah, nyatanya Kim Sabu adalah pemegang wewenang tertinggi di Doldam. Bahkan direkturnya aja kalo ada apa-apa konsultasinya ke dia dulu.

Alasan dia dihormati banget sama orang-orang Doldam tuh karena dia yang paling senior sebagai dokter bedah. Prinsipnya gak ada yang mustahil kalo menyangkut nyawa pasien. Karena prinsip ini, Kim Sabu sering berhasil melakukan operasi yang dirasa mustahil. Prinsip inilah yang bikin orang-orang Doldam hormat banget sama dia.

Terus sebagai orang yang punya kemampuan luar biasa kenapa bisa ada di Doldam? Dulu dia pernah dituduh malpraktik saat melakukan operasi. Padahal Kim Sabu cuman kambing hitam yang bahkan gak ikut dalam operasi. Lebih tragis lagi, pasien yang kena malpraktik itu adalah murid pertama Kim Sabu. Dia juga yang memberi panggilan Kim Sabu, padahal nama aslinya Boo Yeong Ju.

2. Ahn Hyo Seop as Seo Woo Jin

Ahn Hyo Seop di Dr. Romantic 3

Karakter Seo Woo Jin mulai muncul di season 2 sebagai karakter utamanya. Woo Jin punya kehidupan yang cukup mengenaskan. Waktu kecil orang tuanya bangkrut dan bunuh diri, cuman dia yang satu-satunya selamat. Selama itu dia berjuang sendirian hingga akhirnya menjadi dokter bedah umum paling mumpuni skillnya. Nah di sini dia ada love interest ke Cha Eunjae, rekan sekaligus teman kuliahnya.

3. Lee Sung Kyung as Cha Eun Jae

Lee Sung Kyung di Dr. Romantic 3

Berbanding terbaik dengan Seo Woo Jin yang hidupnya berat, Cha Eun Jae justru hidup dengan privilege yang baik. Lahir dari ayah seorang dokter membuat Eun Jae berusaha yang terbaik menjadi dokter. Sampai akhirnya dia bertemu dengan Kim Sabu dan bertahan menjadi dokter CS terbaik di Doldam.

Baca juga: Review 20th Century Girl, Cinta Pertama di Akhir Era 90-an

Note:

Kan pemeran season 1 dengan season 2, 3 beda. Bisa gak kalau skip season sebelumnya dan langsung nonton season 2?

- gak, harus nonton dari season 1 dulu

Pemerannya emang beda, tapi yang beda tuh cuman main couple-nya aja. Season pertama diperankan oleh Yoo Yeon Seok dan Seo Hyun Jin, yang mana disitu mereka jadi couple. Season kedua ganti jadi Ahn Hye Seop dan Lee Sung Kyung yang juga jadi couple.

Intinya yang berubah cuman hubungan percintaannya aja. Tapi poin utama Dr. Romantic itu gak berfokus pada satu karakter aja, melainkan fokus pada orang-orang Doldamnya. Lebih baik nonton dari season 1 dulu buat lihat perkembangan Doldam yang awalnya kuno banget, sampe sekarang udah cukup terpandang sampai bikin pusat trauma.

Hal lain lagi, di season 1 dijelasin tuh kehidupan masa lalunya Kim Sabu yang menurutku masih ada sangkut pautnya di season 2 dan 3. Terus lagi pemeran season 1 juga jadi kameo di season berikutnya. Contohnya Yang Se Jeong muncul sebagai Do In Beom di season 2, lalu Yoo Yeon Seok sebagai Kang Dong Ju di season 3. Kalian harus nonton biar gak bingung sama background karakternya.

Review Dr. Romantic 3

1. Drakor yang bikin paham istilah medis

adegan Dr. Romantic 3

Dari sekian banyak drakor medis yang pernah kutonton, drakor ini sih yang bikin aku mengenal istilah-istilah medis. Abis nonton ini aku jadi sering ngomong, mess, suction, pad, op, dan istilah operasi medis lainnya deh. Gak cuman soal istilah, aku juga jadi memahami alur kerjanya orang-orang di rumah sakit.

Dr. Romantic tuh bener-bener nunjukkin gimana para dokter nanganin pasiennya, terlebih lagi suasana UGD yang mengharuskan dokternya cepat tanggap. Pas adegan hectic-nya mereka nanganin pasien, justru adegan itu yang jadi pesonanya drama ini.

2. Kisah romance yang menjadi pemanis cerita

Lee Sung Kyung dan Ahn Hyo Seop

Gak cuman soal kesibukannya para dokter di UGD, ada kisah romance juga yang jadi pemanis cerita. Pada season 1 berfokus pada Kang Dong Ju yang naksir pada seniornya, Yoon Seo Jung (Seo Hyun Jin). Kalo di season 2 fokusnya pada hubungan sebatas teman kuliah, rekan, lalu pacar yang terjadi antara Seo Woo Jin dan Cha Eun Jae. Di season 2 juga ada second couple-nya, yaitu Yoon Ah Reum dan Park Eun tak.

3. Sayang banget sama orang-orang Doldam

adegan Dr. Romantic 3

Tadi aku bilang kalo Dr. Romantic itu gak cuman berfokus pada salah satu karakter aja, tapi semua karakter yang ada di Doldam. Yap, itu bener. Gak hanya tampilkan kisah cintanya para main couple. Kita juga ditampilin sama kisah side character-nya.

Contohnya nih ada Dr. Jung, dokter spesialis UGD yang terpaksa datang ke Doldam tapi berakhir jadi dokter yang handal di sini. Dia tuh kaya perwakilan dokter banget yang capek lembur, tapi harus semangat kerja. Kisah dia yang pisah sama istrinya juga bikin aku sedih.

Ada karakter lain, seperti Suster Oh, kepala perawat yang baiiiikkk banget, tapi kalo udah marah bikin kicep deh. Lalu manajer Jang yang lucu banget sama tingkahnya. Dokter Bae Moon Jung yang maniak tulang sampe namain tengkoraknya Elizabeth dan Jessie. Tindakan orang-orang Doldam pada diluar nalar, tapi justru itu yang ngangenin.

Overall

adegan Dr. Romantic 3

Rating 9,5/10

Pokoknya Dr. Romantic tuh rekomen banget deh ditonton, apalagi kalo ditonton mulai dari season 1. Soalnya nih ya ada kemungkinan Dr. Romantic bakal berlanjut ke season 4. Masih terdapat ambisi untuk menjadikan trauma center Doldam menjadi nomor 1. Terlebih lagi menit-menit terakhir di ending season 3 dibuat menggantung.

Menurut Kim Min Jae, pemeran Park Euntak, Dr. Romantic bisa berlanjut ke season 4 dalam waktu 3 tahun lagi. Jadi masih ada waktu nih buat kalian tonton sekarang.

Next review drakor apa lagi nih?

Baca juga: Bad Prosecutor (2022), Bukan Sembarang Jaksa

Riila
Blogger yang hobi nonton film/drama. Kadang suka baca novel, webtoon, manga.

Related Posts

Posting Komentar