Drakor Celebrity (2023), Ungkap Sisi Gelap Dunia Influencers

still cut Drakor Celebrity

Kalau biasanya drakor-drakor lain yang bertemakan artis bakal lebih fokus pada artis layar kaca. Drakor Celebrity justru mengambil tema yang lebih dekat dengan netizen, yaitu dunia influencer alias kehidupan para selebgram.

Sekarang kata selebriti gak hanya ditujukan pada artis layar kaca aja, tapi juga bisa ditujukan pada orang-orang yang terkenal di sosial media. Apalagi saat ini sudah di era hampir semua orang memiliki sosial media. Gak heran justru para selebgram ini punya pengaruh lebih besar daripada artis layar kaca.

Hal yang paling bikin drakor Celebrity ramai ditonton adalah karena ceritanya yang mengungkap sisi gelap dunia influencer. Berbagai cara mereka lakukan agar bisa lebih populer dan terkenal. Nah, review-nya bisa dibaca di bawah ini ya!

Baca juga: Drakor Bad Prosecutor (2022), Bukan Sembarang Jaksa

Sinopsis Drakor Celebrity

Di jaman serba sosmed ini, emang masih ada orang yang gak punya sosmed? Ada dan itu banyak, salah satunya adalah Seo Ah Ri (Park Gyu Yeong).

Sibuk menjalani bisnis kecil-kecilan membuat Ah Ri gak punya waktu buat main sosmed. Apalagi keluarganya jatuh miskin setelah ayahnya meninggal dan perusahaannya bangkrut. Padahal dulu Ah Ri hidup mewah dengan dikelilingi barang-barang branded.

Sampai akhirnya dia bertemu teman lamanya Oh Mi Hye (Jun Hyo Seong), seorang selebgram yang punya followers 320rb. Sejak saat itu Ah Ri mulai penasaran dengan dunia influencer, terlebih kepopulerannya mereka ternyata bisa menghasilkan uang.

Dari situ Ah Ri merintis karirnya sebagai influencer. Sayangnya karirnya gak berjalan mulus karena banyak influencer lain yang ingin menjatuhkan karirnya. Puncaknya adalah skandal luar biasa yang menyebabkan Ah Ri dinyatakan meninggal oleh kepolisian.

Hingga 3 bulan kemudian, sebuah live streaming dari akun Ah Ri muncul dan membeberkan semua hal busuk di dunia influencer. Tentunya streaming ini membuat guncang netizen. Gak hanya bikin netizen kaget, para oknum yang disebut Ah Ri pun jadi ketar ketir.

Pemeran Drakor Celebrity

Park Gyu Yeong as Seo Ah Ri

Park Gyu Yeong di Drakor Celebrity

Apresiasi banget deh sama akting Park Gyu Yeong di sini. Bener-bener keluar dari image dari yang aku bayangin. Soalnya selama ini aku ngeliat karakter yang diperankannya tuh selalu masih ada sisi lembutnya. Tapi ini gak ada sama sekali. Tegas dan badas. Apalagi suara tenangnya dia pas live streaming itu bikin merinding sekaligus wahh gitu.

Seo Ah Ri lahir dari keluarga kaya raya sampai suatu ketika keluarganya bangkrut. Cita-citanya yang mau masuk Ivy League harus padam. Sekarang di usianya yang 30 tahun, dia bekerja sebagai penjual produk kecantikan.

Seperti yang kubilang di awal, Seo Ah Ri ini karakternya tegas dan badas. Jadi selama dia menjadi influencer, banyak banget orang yang mau menjatuhkan dia. Bahkan sampai bikin skandal palsu yang bikin Ah Ri mengalami kerugian besar. Tapi Ah Ri gak diem aja. Mata dibalas mata, gigi dibalas gigi. Dia langsung balas balik dengan cara gilanya.

Baca juga: Crash Course In Romance (2023), Kisah Cinta Guru Bimbel dan Ortu Murid

Review Drakor Celebrity

1. Ungkap sisi gelap dunia influencer

still cut Drakor Celebrity

Sebenernya aku sempat mikir-mikir dulu waktu mau review ini, soalnya beneran dark banget. Mungkin kita sebagai orang awam mikirnya, "jadi selebgram itu enak ya. Mereka bisa liburan gratis, dateng ke acara keren, nyobain makanan dan outfit mewah, dapat cuan cuman modal populer doang"

Nah, drama ini tuh nunjukkin kalau jadi influencer tuh gak mudah lewat perjuangan Seo Ah Ri, dari yang bukan siapa siapa sampai akhirnya punya followers 1,3 juta. Ada sisi gelap yang ditunjukin, contohnya jalan pintas tercepat buat jadi terkenal adalah dengan pansos ke orang yang lebih terkenal. Bahkan sampai ada yang rela bikin settingan loh.

Di sini juga nunjukkin kalau opini publik punya pengaruh luar biasa buat influencers. Gara-gara satu komentar negatif aja bisa jadi nyebar dan akhirnya jadi skandal. Puncaknya ketika sang influencer gak merasa sanggup, larinya ke narkoba.

2. Misteri siapa _bbbfamous

still cut Drakor Celebrity

Sepanjang cerita kita dibuat penasaran sama sosok pemilik akun _bbbfamous. Soalnya dia secara gak langsung yang udah bunuh Ah Ri (itu menurut pernyataan Ah Ri saat live streaming). Padahal waktu awal-awal karirnya Ah Ri tuh, dia yang bantu nanganin masalah Ah Ri.

Seiring episode nih orang agak ngelunjak diliat-liat. "Mentang-mentang udah terkenal, yg ini dilupain". Aku gak masalah dia bilang gitu, tapi cara penyampaiannya tuh maksa banget, ngegas lagi. Aku kalau jadi Ah Ri juga bakal ngerasa gak nyaman.

Akhirnya Ah Ri kaya mengabaikan _bbbfamous. Eh _bbbfamous malah balas dendam dengan bikin hoax yang ngejatuhin Ah Ri. Nah, masalahnya semua orang yang ada di drama ini punya peluang jadi _bbbfamous. Jadi bikin bingung mau nebak siapa.

3. Ada romance tipis-tipis

Kang Min Hyuk di Drakor Celebrity

Cerita drama ini juga gak cuman fokus di misterinya aja kok, tapi ada romancenya juga. Han Jun Kyeong (Minhyuk) jadi love interest-nya Seo Ah Ri. Berawal dari penasaran doang kenapa Ah Ri berani banget sama dia, eh malah jadi jatuh cinta. Istilahnya sih he fell first, he fell harder. 

4. Rasa iri dengki mengacaukan manusia

still cut Drakor Celebrity

Kalian pernah dengar crab mentality?

Jadi ketika beberapa kepiting dimasukkan ke ember, kepiting-kepiting itu bakal menarik kepiting lain yang berusaha keluar dari ember. Nah, Crab mentality atau mental kepiting ini merupakan analogi yang sering digunakan buat orang yang gak suka atas pencapaian orang lain dan mencoba menjatuhkan orang lain. 

Rasa iri berlebihan hingga menjatuhkan orang lain. Ini problem utama yang aku lihat sepanjang nonton drama ini. Karena Ah Ri masih baru di dunia influencer, Ah Ri direndahin sama influencer lainnya. Apalagi mereka tuh kan anaknya branded bangetlah, tapi Ah Ri ini bisa tampil kece dan disukai netizen hanya modal outfit dari pasar. Makin panaslah mereka.

Mereka juga gak sudi kalau followers Ah Ri bisa lebih tinggi dari mereka. Apalagi Chae Hee tuh, sumpah dia tuh marah marah mulu sampe gedeg aku lihatnya. Kaya nih orang bisa gak sih sekali gak marah-marah gitu.

Saking pada bencinya sama Ah Ri, mereka memutarbalikan fakta dan jadiin Ah Ri kambing hitam. Padahal yang salah itu mereka dan Ah Ri disini cuman saksi yang berhubungan sama sekali malah.

5. Jadilah netizen yang bijak

still cut Drakor Celebrity

Selain masalah influencer-nya yang ngeselin banget, secara gak langsung kita juga ditunjukkan dari sudut pandang netizennya lewat _bbbfamous. Opini publik itu punya power yang luar biasa. Satu ketikanmu itu bisa menentukan hidupnya seseorang. Entah itu mengarah hal buruk atau baik.

Kita ambil contoh dari Ah Ri. Berawal dari manipulasi yang dilakukan _bbbfamous, semua orang langsung berasumsi macam-macam dan menganggap Ah Ri cewek jahat. Karena opini publik soal Ah Ri jadi negatif, Ah Ri mengalami kesulitan secara mental. Puncaknya Ah Ri memilih mengakhiri hidupnya sendiri.

Si pemilik akun _bbbfamous bener-bener mempresentasikan para netizen yang membenci seseorang tanpa alasan. Padahal ketemu aja gak pernah, tapi kenapa bisa sejahat itu lohh.

Ingat perkataan polisi,

"Lebih baik hina aku saja, bukan orang yang tak kau kenal,"

Overall

poster Drakor Celebrity

Rating 8/10

Secara garis besar cerita ini seru banget, soalnya masih jarang ada drama yang mengungkit dunia influencer. Kan biasanya artis TV doang tuh. Cuman agak disayangkan aja menurutku endingnya agak kurang walaupun sempet kaget sama plot twist-nya. Soalnya masih ada satu plot hole yang bikin aku penasaran. But overall, drakor Celebrity bagus buat kalian tonton.

Next review drakor apa lagi nih?

Baca juga: Dr. Romantic 3 (2023), Drakor yang Bikin Paham Istilah Medis

Riila
Blogger yang hobi nonton film/drama. Kadang suka baca novel, webtoon, manga.
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar