Review Ranking of Kings (2021), Bikin Nostalgia Anime 90-an

 Review Ranking of Kings

Kayanya udah telah banget ya review Ranking of Kings atau Ousama King sekarang. Dulu waktu masih ongoing emang banyak banget yang rekomendasiin buat nonton ini. Cuman akunya gak tertarik karena "kelihatannya" anime buat bocah.

Sampai akhirnya di salah satu podcast yang sering aku dengerin, dia juga rekomendasiin ini. Yaudah deh coba cari cuplikannya di Tiktok dan ternyata ada beberapa scene yang menarik buatku. Dicoba tonton, aku menjilat ludah sendiri karena anime ini anime yang cukup bagus ternyata.

Baca juga: [Review Anime] Tsurune : Kazemai Koukou Kyuudoubu (2018)

Sinopsis Ranking of Kings

Ranking of Kings menceritakan Pangeran Bojji yang tidak bisa mendengar dan berbicara. Bojji sering dipanggil sebagai "Useless Prince" karena dianggap sebagai pangeran tidak berguna. Tak hanya karena kondisinya yang disabilitas, Bojji tidak punya kemampuan fisik yang kuat seperti orang tuanya. Padahal kedua orang tuanya adalah klan raksasa terkuat.

Pada awalnya Bojji lah yang akan meneruskan tahta raja setelah ayahnya meninggal. Namun saat pengumuman, tahta tersebut justru jatuh pada adiknya, Pangeran Daida. Daripada berdiam diri, Bojji memilih keluar dari istana. Apalagi dia memiliki mimpi untuk melihat dunia secara luas.

Saat perjalanannya itulah dia bertemu Kage, makhluk dari klan kegelapan. Meski Kage dicap buruk oleh masyarakat karena stereotype klan keluarganya. Nyatanya Kage lah yang justru membantu Bojji agar jadi lebih kuat,

Karakter Ranking of Kings

1. Prince Bojji

Bojji di Ranking of Kings
Bojji (VA: Hinata Minami)

Terlahir dalam kondisi disabilitas membuat Bojji diremehkan banyak orang, termasuk keluarganya sendiri. Bahkan beberapa dari mereka berani bicara hal menyakitkan di depan Bojji langsung. Mereka ngiranya Bojji gak akan ngerti mereka ngomong apa. Padahal Bojji bisa paham gerak bibir orang.

Setelah tahta jatuh kepada adiknya. Bojji nekat pergi dari istana. Toh dia cuman beban istana doang. Daripada terus-terusan sakit hati, mending dia berpetualang. Nah, pada saat itu dia bertemu Kage dan menjadi teman petualangannya.

Ternyata Bojji punya kutukan yang membuat dirinya kehilangan kekuatannya. Jadi seharusnya Bojji punya fisik yang kuat seperti orang tuanya. Namun karena perjanjian seseorang dengan iblis, kekuatan Bojji jadi tumbalnya.

Meski begitu, Bojji kemudian diajar oleh Despa, adik raja dunia bawah tanah. Daripada fokus bertarung dengan kekuatan, gaya bertarung Bojji lebih fokus pada mencari titik lemah lawan. Justru dengan gaya bertarungnya ini, Bojji jadi bisa mengalahkan villain akhir cerita.

2. Kage

Kage di Ranking of Kings
Kage (VA: Murase Ayumu)

Kage merupakan sahabat yang paling mendukung Bojji. Disaat orang lain meninggalkan hingga berbuat jahat pada Bojji, Kage lah yang justru menyelamatkan Bojji. Bahkan Kage jadi ajudan bicara hingga membantu Bojji mencari guru untuk membuatnya lebih kuat.

Kage punya masa lalu yang kelam. Jadi dia berasal dari klan kegelapan, klan yang dicap sebagai penjahat. Soalnya klannya ini punya prinsip(?) atau misi untuk berbuat jahat pada orang (aku sih nangkepnya kaya pembunuh bayaran). 

Karena ini keluarga Kage jadi buronan sama klan cahaya. Bahkan ibunya Kage digantung ditombak dan dibawa kemana-mana sama klan cahaya. Kage yang waktu itu masih kecil jadi trauma dan trust issue sama orang lain. Baru deh pas ketemu Bojji, dia bisa percaya sama orang lain lagi.

Baca juga: Hoshiai no Sora, Genre Sports yang Agak Dark

Review Ranking of Kings

1. Bikin nostalgia anime 90-an

Review Ranking of Kings

Dimulai dari grafisnya, anime ini ngingetin banget sama anime 90an. Background-nya yang terlihat seperti lukisan dengan warna yang lebih soft dibanding karakternya. Beda banget sama anime zaman sekarang yang bahkan background-nya aja dibuat lebih detail dan warnanya lebih tajam.

Terus juga di saat anime sekarang kebanyakan tentang isekai dengan karakter OP dari awal. Ranking of Kings justru menjadi pembeda dengan menawarkan cerita zero to hero. Sekali lagi bikin nostalgia dengan anime 90an yang memang banyak menghadirkan plot zero to hero.

2. Apa yang terlihat bukanlah hal sesungguhnya

Review Ranking of Kings

Selama nonton anime ini aku dibuat bingung siapa villain-nya. Soalnya orang yang awalnya kukira jahat, ternyata baik. Orang yang kukira baik, lah kok tiba-tiba berkhianat. Bener-bener gak bisa langsung nentuin siapa yang jahatnya. Bahkan sampai akhir, orang yang sudah fixed villain-nya, ternyata punya alasan kenapa dia bisa jadi jahat. Jadi berempati kan.

Tapi jujur, aku merasa bos villain di sini tuh agak plin plan. Di awal dia mau berbuat jahat sampai jadi pemberontak kerajaan, tapi kenapa dia malah nyembuhin orang-orang di kubu musuhnya. Eh, abis itu dilawan lagi sama dianya. 

3. Pentingnya support system

Review Ranking of Kings

Punya disabilitas dan fisik yang lemah, bikin Bojji merasa rendah diri. Namun Kage selalu memberi semangat dan mengatakan kalau Bojji pasti bisa. Dukungan sahabatnya itu yang akhirnya membuat Bojji jadi percaya diri dan akhirnya menjadi yang terkuat di kerajaannya.

Sosoknya Kage sebagai pendukung no. 1 Bojji seperti memberi panutan pada kita untuk mendukung teman-teman kita. Apalagi ketika mereka sedang merasa down atau insecure. Sosok seperti Kage yang memberi semangat dapat membuat hati merasa sedikit terangkat.

4. Review personal soal seiyuu

Deida di Ranking of Kings
Deida (VA: Yuuki Kaji)

Kalau ini aku mau curhat aja sih. Aku agak kaget waktu tahu pengisi suaranya Pangeran Deida tuh Yuuki Kaji. Kenapa aku kaget? Aku punya cerita tersendiri soal seiyuu yang satu ini.

Jadi tuh aku suka cari rekomendasi tontonan anime. Random aja gitu milih anime yang ditontonnya, gak lihat info apapun kecuali sinopsis. Uniknya anime yang kutonton random tuh pasti ada Yuuki Kaji sebagai seiyuu-nya.

Waktu mulai nonton gak ada ekspetasi apa-apa. Sampai salah satu karakter bersuara, "kok ini suaranya gak asing ya?"

Setiap aku udah mikir kaya gitu, pasti itu Yuuki Kaji, dan itu gak cuman sekali tapi berkali-kali. Makanya aku langsung ngakak + kaget waktu tau seiyuu-nya Deida itu Yuuki Kaji. Kaya duh peka banget gue sama suara dia, wkwk.

Overall

Review Ranking of Kings

Bagi kalian yang suka anime zero to hero, wajib banget nonton ini. Apalagi skor di MyAnimelist mencapai 8.55. Banyak juga orang-orang yang selalu rekomendasiin anime Ranking of Kings buat ditonton.

Next mau review anime apa lagi nih?

Baca juga: Oshi No Ko (2023), Reinkarnasi Jadi Anak Idol

Riila
Blogger yang hobi nonton film/drama. Kadang suka baca novel, webtoon, manga.

Related Posts

Posting Komentar