Review Anime Oshi No Ko (2023), Reinkarnasi Jadi Anak Idol

 Review Anime Oshi No Ko

Setiap orang pasti punya idola. Tapi pernah kepikiran reinkarnasi jadi anak idolmu sendiri? Itulah tema cerita yang diangkat di anime Oshi No Ko. Anime ini jadi salah satu anime yang lagi hype untuk anime Spring 2023. Bahkan di Jepang pun sampai banner, spanduk, hingga papan iklan semuanya Oshi No Ko.

Gimana nggak, di episode pertamanya aja sudah membuat orang tertarik karena alurnya yang plot twist. Gak cuman alurnya yang gak ketebak, anime ini juga mengangkat sisi gelap dari dunia industri hiburan. Penasaran reviewnya gimana? Langsung scroll aja ke bawah ya!

Sinopsis Oshi No Ko

Ai merupakan center grup idol B-Komachi yang disukai banyak penggemar. Dia dikenal dengan image-nya yang berparas imut dan polos. Dia juga punya bakat menarik perhatian semua orang ketika dia perfom sebagai idol. Salah satu penggemarnya adalah Amemiya Gorou, pria berumur 30 tahun yang merupakan seorang dokter obgyn.

Gorou ini ngefans berat sama Ai. Saking sukanya sampai nonton live perfom Ai di kamar pasien. Cuman sebagai fans, Gorou cuman bisa berfantasi aja tentang Ai sebagaimana penggemar terhadap idolanya.

Hingga suatu hari, Ai memutuskan hiatus sejenak. Tentunya berita ini membuat Gorou shock. Tapi yang lebih bikin shock adalah Ai datang sebagai pasiennya dalam keadaan hamil 20 minggu. Meski shock, pada akhirnya Gorou bekerja sama untuk merahasiakan kehamilan Ai.

Siapa yang sangka kalau keterlibatan Gorou justru membuatnya mati dibunuh. Sebelum mati, Gorou mengingat pembicaraan random orang-orang yang ingin reinkarnasi sebagai anak idol. Gak taunya, Gorou beneran reinkarnasi menjadi anak idol. Bukan hanya itu, dia reinkarnasi jadi anaknya Ai, idolnya sendiri.

Karakter Oshi No Ko

1. Hoshino Ai

Hoshino Ai
Hoshino Ai (VA: Takahashi Rie)

Punya image imut dan bertalenta, Ai jadi pentolannya grup idol B-Komachi. Bahkan saat grupnya diremehkan oleh beberapa staff, dirinya bisa membangkitkan perfomance sebagai idol yang dapat menyentuh hati penontonnya.

Meski punya bakat menyentuh hati para penggemarnya, nyatanya kehidupan Ai jauh dari kata kasih sayang. Sejak kecil orang tuanya sudah bercerai. Ibunya masuk penjara karena mencuri. Sejak saat itu Ai tinggal di panti asuhan.

Alasan kenapa dia ingin membesarkan anaknya padahal beresiko menghancurkan karirnya adalah karena dia ingin merasakan kasih sayang keluarga. Selama ini Ai selalu berkata "Aku mencintaimu" kepada fansnya. Namun itu hanyalah kebohongan. Nah, dengan membangun keluarga ini, dia ingin mengungkapkan kasih sayang tanpa kebohongan.

2. Hoshino Aqua/Amemiya Gorou

Hoshino Aqua
Hoshino Aqua (VA: Ootsuka Takeo)
Amemiya Gorou
Amemiya Gorou (VA: Itou Kento)

Hoshino Aqua atau lebih lengkapnya Hoshino Aquamarine, merupakan reinkarnasi dari seorang dokter obgyn bernama Amemiya Gorou. Di kehidupan sebelumnya, Aqua memang udah ngefans berat sama Ai. Makanya pas di reinkarnasi ini, dia senang banget bisa jadi anak Ai.

Aqua punya tanda bintang di mata kanannya kaya ibunya. Selain itu, dia juga punya bakat akting, bahkan dia bisa menginterpretasikan maksud dari naskah dan menuangkannya ke dalam akting. Sutradara Gotonda Taishi aja sampai takjub sama aktingnya.

Hingga karena suatu "insiden" yang menyangkut Ai, Aqua berubah menjadi sosok yang dingin dan berhenti berakting. Tapi pada akhirnya Aqua kembali berakting, namun dengan motif "dendam" sebagai alasannya.

3. Hoshino Ruby/Tendouji Sarina

Hoshino Ruby
Hoshino Ruby (VA: Igume Yurie)
Tendouji Sarina
Tendouji Sarina (VA: Takayanagi Tomoyo)

Hoshino Ruby adalah kembarannya Aqua. Sama seperti Aqua, Ruby juga merupakan reinkarnasi dari Tendouji Sarina. Di kehidupan sebelumnya Sarina hanya bisa bertahan hidup hingga usia 12 tahun karena penyakit yang dideritanya. Uniknya, Sarina merupakan pasien Gorou di masa lalu. Dia jugalah yang memperkenalkan sosok idol Ai kepada Gorou.

Ruby digambarkan gadis ceria. Berbeda dengan Aqua yang punya bakat akting, Ruby justru punya bakat sebagai idol. Beranjak remaja, Ruby juga semakin mirip dengan Ai. Mimpinya menjadi idol pun semakin besar agar bisa seperti ibunya.

Baca juga: [Review Anime] Tsurune : Kazemai Koukou Kyuudoubu

Review Oshi No Ko

1. First impression yang menarik

Review Oshi No Ko

Anime yang based on manga tuh emang gak pernah mengecewakan. Dari episode pertamanya aja nih anime udah menarik banget. Pertama tuh aku suka seiyuu (pengisi suara), rasanya adem aja dengerin suara mereka.

Terus alurnya ceritanya juga fresh, gak bertele-tele dan langsung masuk ke konflik utama. Wajar aja sih, episode pertamanya aja 90 menit. Belum lagi alur ceritanya plot twist di akhir episode perdananya. Gak heran anime ini dibahas di mana-mana.

2. Sisi gelap dunia industri hiburan

Review Oshi No Ko

Beneran deh, baru nonton satu episode aja aku udah menemukan banyak sisi gelapnya dunia industri hiburan, terutama dunia idol.

Oshi No Ko menampilkan sosok Ai yang menyembunyikan kehamilannya. Bahkan Ai gak bisa mengaku Aqua dan Ruby adalah anak-anaknya. Karena apa? Karena dia idol.

Jadi dalam dunia peridolan itu ada istilah yang namanya "bias is my mine". Jadi tuh kaya menganggap idol adalah milik kita seutuhnya. Pemikiran kaya gini makin lama bakal memunculkan rasa obsesi. Pada akhirnya apa? Ketika idolnya ketahuan pacaran, fans bisa ngamuk karena merasa dikhianati.

Itu sebabnya terkadang ada idol yang berbohong soal kehidupan pribadinya. Contohnya Ai. Apalagi saat itu namanya emang lagi naik daun sebagai idol. Tapi pada akhirnya kebohongan yang dilakukan Ai malah membuat hidupnya berakhir tragis.

Kalau kalian yang emang gak tahu soal dunia idol, mungkin menganggap ini hanya cerita aja. Tapi pada kenyataannya sisi gelap yang ditampilkan pada anime ini memang fakta guys.

Mungkin aku bisa ambil contoh dari AKB48, idol yang cukup besar di Jepang (btw aku dulu emang fans mereka). Jadi dulu pernah ada salah satu member yang kena skandal pacaran. Gara-gara itu dia bahkan bikin video permintaan maaf dan mencukur habis rambutnya.

Gak cuman itu, fans idol di Jepang tuh bisa terbilang ekstrem. Pernah ada kejadian salah satu membernya yang diserang oleh fans. Tapi gak tahu ya itu beneran fans atau bukan. Dan itu bukan cuman berlaku pada member AKB48 aja, idol yang lain juga ada yang mengalami hal yang sama.

Untuk menghindari tindakan fans yang ekstrem. Dunia idol tuh ada peraturan gak tertulis. "Aturan Anti Cinta" yang maksudnya idol gak boleh pacaran atau terlalu terang-terangan soal hubungan pribadinya. Idol ada hanya untuk didedikasikan kepada fans. Jadi secara gak langsung peraturan ini membatasi kehidupan idol juga.

Miris? Tapi itulah kenyataanya.

3. Misteri ayah kandung

Review Oshi No Ko

Selain membahas dunia industri hiburan, Oshi No Ko juga menyisipkan misteri ayah kandungnya Ruby dan Aqua. Soalnya ayahnya ini gak muncul-muncul, bahkan gak ada clue sama sekali siapa orangnya. Hingga akhirnya Aqua menaruh curiga kalau ayah kandungnya lah dalang dibalik akhir tragedi hidup Ai.

Karena hal ini Aqua kembali ke dunia akting mencari sosok ayah kandungnya. Cara inilah yang paling mungkin karena dia bisa mencari orang-orang yang pernah berhubungan dengan Ai lewat menjadi aktor.

(Btw, aku menemukan spoiler dari manganya kalau ayahnya tuh *pippp......)

Overall

Review Oshi No Ko

9,5/10

Sangat-sangat rekomen deh. Apalagi anime ini based on manga Shounen Jump, yang mana udah gak perlu diragukan lagi kualitas ceritanya. Sekian review Oshi No Ko dariku, next review anime apa lagi nih?

Baca juga: Review Anime: Hoshiai no Sora, Genre Sports yang Agak Dark

Riila
Blogger yang hobi nonton film/drama. Kadang suka baca novel, webtoon, manga.

Related Posts

Posting Komentar