Crash Course In Romance (2023), Kisah Cinta Guru Bimbel dan Ortu Murid

Posting Komentar

poster crash course in romance

Kita semua udah tahu ya kalau Korea itu terkenal dengan pendidikannya yang super ketat. Anak SMA di Korea tuh udah gak aneh lagi kalau pulang malem setelah les sana-sini. Nah, drama Crash Course in Romance ini mengangkat sudut pandang tersebut dari sisi pengajar di bimbel.

Penggemar drakor pasti udah gak asing lagi sama Jung Kyung Ho kan? Aktor yang satu ini emang jadi salah satu aktor top yang populer. Dia pernah main di drama Hospital Playlist dan Prison Playbook. Tapi fakta yang paling populernya adalah dia pacarnya Sooyoung SNSD.

Sementara itu, female lead diperankan oleh Jeon Do Yeon. Aku agak menyayangkan banyak yang drop drakor ini karena gak sreg sama pemainnya. Padahal Jeon Do Yeon itu termasuk chungmuro alias pemain film Korea papan atas.

Bagi kalian yang suka sama drakor romance komedi, drakor ini wajib banget buat kamu tonton. Nah, simak review-nya berikut ini ya.

Sinopsis Crash Course In Romance

Sebenernya kalau kalian tonton cuplikannya, udah kebayang ya gambaran drakor ini kaya gimana. Tapi aku bakal jelasin ke kalian.

Crash Course In Romance menceritakan Choi Chi Yeol (Jung Kyung Ho), guru bimbel matematika yang dijuluki "Pria Satu Billion Won". Reputasi dia sebagai pengajar bimbel untuk masuk universitas udah terkenal banget. Bahkan kalau mau daftar kelasnya aja harus ngantri sampai 1000 antrian.

Tapi kehidupan Choi Chi Yeol yang serba berkecukupan ini tidak membuatnya bahagia. Dia pilih-pilih makanan, kulkasnya aja sampai kosong melompong. Sampai akhirnya dia ketagihan sama makanannya "Banchan Terbaik Bangsa", kedai milik Nam Haeng Seon (Jeon Do Yeon).

Sayangnya, Chi Yeol sempat punya masalah sama Haeng Seon. Jadi ada insiden salah paham gitu deh yang bikin mereka sampai masuk kantor polisi. Tapi pada akhirnya salah paham selesai setelah Haeng Seon tahu kalau Chi Yeol ini guru bimbel anaknya.

Nam Haeng Seon merupakan ibu tunggal dari seorang putri bernama Nam Hae Yi (Roh Yeon Seo) yang masih SMA. Karena permintaan putrinya yang pengen belajar di kelas Chi Yeol, Haeng Seon bela-belain buat ngantri pendaftaran kelasnya. Gak cuman buat kelas matematika aja, Haeng Seon juga perjuangin buat daftar kelas kedokteran intensif.

Tapi karena Nam Haeng Seon dari kalangan biasa, bukan ibu-ibu elit. Dengan mudahnya dia dikick dari grup kelas kedokteran intensif itu, padahal anaknya udah berhasil masuk kelas limited yang cuman bisa diisi sama 7 orang.

Nam Haeng Seon yang kecewa akhirnya boikot semua pegawai di kantor bimbelnya Chi Yeol. Jadi semua pegawainya termasuk Chi Yeol gak boleh beli makanan di kedainya. Chi Yeol yang ketagihan sama lauk buatannya jadi frustasi. Dia malah sampai sakit, muka pucat, udah kaya orang yang gak ada semangat hidup.

Akhirnya Chi Yeol tawarin kesepakatan ke Haeng Seon. Chi Yeol bakal ngajarin les privat ke anaknya dengan bayaran Haeng Seon bikin makanan buat dia dua kali sehari. Tentunya Haeng Seon terima dong. Secara ini win-win solution banget. Tapi ternyata kesepakatan ini jadi awal mula romance di antara mereka.

Pemain Crash Course In Romance

1. Jung Kyung Ho as Choi Chi Yeol

jung kyung ho crash course in romance

Menurutku Jung Kyung Ho cocok banget main di drakor romcom. Sumpah akting komedinya tuh natural banget. Apalagi momen Chi Yeol panik waktu dirinya mulai jatuh cinta sama Haeng Seon.

Chi Yeol dikenal sebagai sosok pengajar yang humble dan ramah sama murid-muridnya. Tapi sosok aslinya adalah orang yang dingin. Bahkan dia gak pernah ingat nama-nama staffnya yang udah kerja bareng bertahun-tahun.

Alasan dia menjadi guru adalah karena permintaan ayahnya. Namun ayahnya meninggal sebelum keinginannya terwujud. Disaat yang bersamaan, ada seorang ibu pemilik warung makan tempat langganan Chi Yeol waktu masih masa-masa susah. Si ibu itu selalu ngasih bonus makanan ke Chi Yeol karena tahu Chi Yeol lagi keadaan sulit. Eh gak tahunya si ibu itu adalah ibunya Haeng Seon. Makanya Chi Yeol ketagihan sama makanan yang dijual Haeng Seon karena mengingatkan masakan ibunya itu.

Kehidupan kelam Chi Yeol gak berhenti di situ. Chi Yeol akhirnya berhasil jadi guru bimbel dan punya satu murid kesayangan bernama Su Hyeon. Tapi Su Hyeon mendadak bunuh diri. 

Bisa dibilang Su Hyeon ini anak pintar, makanya kematiannya ini bikin ibunya terobsesi sama adiknya Su Hyeon agar bisa jadi ranking 1. Pada akkhirnya si ibu bunuh diri.. Tapi media justru bilang kalau si adiknya yang bunuh ibunya. Gara-gara ini Chi Yeol merasa bersalah sampai dia selalu insomnia.

2. Jeon Do Yeon as Nam Haeng Seon

Jeon do yeon crash course in romance

Nam Haeng Seon dulunya merupakan atlet nasional yang berpotensial saat itu. Namun dia terpaksa berhenti setelah kematian ibunya karena kecelakaan. Sejak saat itu, Haeng Seon jadi tulang punggung keluarganya.

Haeng Seon selalu mementingkan keluarganya dibanding dirinya sendiri. Mulai dari melepas impiannya sebagai atlet, lalu banting tulang membiayai keluarganya. Bahkan dia membiarkan rumor beredar kalau dia sudah menikah dan suaminya saat ini sedang bekerja di Filipina. Alasannya biar gak ada yang nanya-nanya soal ayah Hae Yi.

Meski punya kehidupan yang berat, Haeng Seon masih bisa tersenyum cerah. Bahkan dia membangun bisnis kuliner yang menyediakan lauk pauk yang bisa dipilih sesuka hati. Konsep usahanya yang unik bikin dia punya banyak langganan.

3. Roh Yoon Seo as Nam Hae Yi

roh yoon seo crash course in romance

Hidup di keluarga biasa aja gak menjadikan Hae Yi jadi anak yang biasa aja. Dirinya termasuk anak yang pintar, bahkan bisa bersaing ranking 1 dengan orang-orang kalangan elit yang ikut bimbel. Sayangnya, dia agak lemah sama matematika kalau belajar sendiri.

Makanya dia minta didaftarin kelas bimbelnya Chi Yeol. Chi Yeol juga tertarik sama Hae Yi yang pintar dan menyayangkan dia dikeluarkan dari kelas kedokteran intensif. Jadi selain karena tergila-gila dengan makanan Haeng Seon, alasan Chi Yeol bikin kesepakatan jadi guru privat Hae Yi adalah karena gak mau menyia-nyiakan kepintaran Hae Yi.

Nam Hae Yi bukan anak kandung Haeng Seon, melainkan anak dari kakaknya. Alias Hae Yi ini aslinya keponakan Haeng Seon. Cuman karena Hae Yi iri sama orang lain yang punya ibu, akhirnya dia minta buat manggil Haeng Seon ibu.

Kedatangan Hae Yi ke keluarga Haeng Seon juga bertepatan dengan meninggalnya ibu Haeng Seon. Jadi Hae Yi yang masih kecil dibawa ke rumah Haeng Seon dan diminta buat dirawat. Ibu Haeng Seon yang frustasi mau ngejar anaknya itu malah ketabrak terus meninggal.

Baca juga: Drakor Cheer Up (2022), Suka Duka Jadi Tim Cheerleader Kampus

Review Crash Course In Romance

1. Kisah Romcom yang kocak

Bagi kalian yang lagi mau nonton romcom, ini sangat recommended. Ceritanya menurutku fresh banget. Diperankan oleh aktor dan aktris ternama bikin akting komedinya natural banget. Aku aja sampai dibuat ngakak mulu sama tingkahnya Chi Yeol pas lagi mode panik.

Lucu banget ngeliat perkembangan hubungan Chi Yeol dan Haeng Seon yang awalnya hate relationship, worship relationship, sampai akhirnya Chi Yeol sadar kalau dia jatuh cinta sama Haeng Seon. SoalnyaHaeng Seon selalu memberikan kehangatan lewat keluarganya pada kehidupan Chi Yeol yang suram.

2. Kisah cinta anaknya juga gak kalah seru

Selain ada kisah cinta Haeng Seon dan Chi Yeol. Diperlihatkan juga cinta segitiga antara Nam Hae Yi, Lee Seon Jae (Lee Chae Min), dan Seo Geon Hoo (Lee Min Jae).

Lee Seon Jae adalah sahabat Hae Yi. Meski berasal dari kalangan elit, dia gak memandang rendah Hae Yi, malah dia naksir diam-diam sama sahabatnya itu. Jadi tuh gak ada yang tahu kalau Hae Yi les privat sama Chi Yeol. Tapi Hae Yi suka bawa-bawa lembaran latihan soal yang harusnya cuman orang di kelas intensif yang punya. Buat melindungi Hae Yi, Seon Jae sampai ngaku-ngaku kalau dia yang ngasih. Padahal lembaran itu dari Chi Yeol.

Di sisi lain ada Seo Geon Hoo, seorang atlet nasional yang mendadak masuk sekolah. Rumornya dia berhenti jadi atlet, tapi gak ada yang tahu alasannya. Dibanding Lee Seon Jae yang tipe softboy, Geon Hoo digambarkan sebagai cowok badboy yang serampangan (tapi masih baik kok sifatnya).

Sebenernya momen pertemuan Hae Yi dan Geon Hoo ini yang bikin aku memutuskan nonton drakor ini. Soalnya banyak orang yang bilang love trope mereka bakal menarik. Orang bodoh dengan orang pintar. Selain itu, ini bisa jadi paralel seperti Haeng Seon dan Chi Yeol. Ada scene yang bikin aku tertarik, seperti video di atas. Scene ini bikin aku berekspetasi tinggi sama romance anak-anaknya.

Tapi sepanjang episode 8 (ongoing saat ini ditulis), aku justru lebih dapet chemistrynya sama Seon Jae. Menurutku orang kaya Hae Yi itu cocoknya sama orang yang bikin dia nyaman, dan itu cocoknya sama Seon Jae. Beda kalau sama Geon Hoo yang kesannya kaya teman aja.

Aku emang tim Seon Jae, tapi Seon Jae tuh ada minusnya gara-gara keluarganya. Ibunya toxic banget pengen anaknya jadi rangking 1. Bahkan kakaknya Seon Jae aja sampai depresi di rumah akibat ketoxican ibunya itu. 

3. Memperlihatkan tekanan murid SMA Korea

adegan crash course in romance

Selain alasan romcomnya yang kocak. Cerita dari drakor ini memperlihatkan tekanan kehidupan murid kelas 3 SMA yang terobsesi dengan peringkat. Pasti kalian udah tahu ya kalau Korea itu punya sistem pendidikan yang ketat banget. Nah, jadi Korea itu punya ujian masuk perguruan tinggi, namanya SAT (kaya SBMPTN).

Bagi warga Korea, masuk universitas bergengsi itu adalah salah satu cara menaikan derajat diri sendiri serta status sosial. Makanya persiapan SAT ini gila-gilaan banget. Terutama orang tua yang terobsesi dengan peringkat anak-anaknya.

Nah, drakor ini memperlihatkan gimana tertekannya murid kelas 3 SMA. Mereka harus mengikuti ambisi orang tuanya untuk masuk perguruan tinggi elit. Bahkan mereka juga terobsesi anaknya buat jadi ranking 1 paralel. Kadang aku jadi mikir ini yang ngejalanin hidup anaknya atau orang tuanya sih.

Gimana ya... Abisnya apa-apa dilakuinnya sama orang tuanya gitu. Mulai dari daftarin kelas Chi Yeol, bahkan sampai booking kursi juga sama orang tuanya. Tapi kalau melihat sudut pandang mereka, mungkin biar anaknya fokus aja sama belajar, gak usah mikirin hal teknis kaya gini.

4. Ada selipan misteri

shin jae ha crash course in romance

Drakor ini bisa dibilang 90% romcom dengan 10% misteri. Jadi selain kisah cinta Haeng Seon dan Chi Yeol, ada satu misteri yang bakal jadi konflik akhir drakor ini.

Misteri ini berpusat pada Chi Yeol. Tepatnya, siapapun orang yang mengganggu Chi Yeol, dia bakal terkena masalah. Pertama, ada murid bimbelnya Chi Yeol yang tiba-tiba masuk rumahnya Chi Yeol. Pokoknya nih anak udah kaya stalker. Eh, besoknya dia ditemukan tewas.

Waktu Chi Yeol lagi berdebat sama Haeng Seon di kedai makanannya, tiba-tiba ada yang melempar batu ke kaca jendela tokonya. Ada juga murid bimbel kelas intensif bersikap kurang ajar sama Chi Yeol. Chi Yeol di sini agak kesel sama tuh anak. Selain karena sikapnya, tempat dia di kelas intensif itu harusnya milik Hae Yi.

Sampai pertengahan alur, cerita menggiring kita untuk curiga sama kakaknya Seon Jae. Soalnya di setiap kasus ditemukan logam bulat yang kecil. Nah, ternyata kakaknya Seon Jae punya logam ginian.

Tapi banyak netizen yang justru curiga sama Ji Dong Hee (Shin Jae Ha), managernya Chi Yeol. Soalnya korban-korbannya ini tewas setelah Chi Yeol cerita sama manager Ji. Karena kebanyakan drakor akhir-akhir ini bikin trust issue, manager Ji itu adalah kandidat paling kuat sebagai pelakunya.

Kalau hal ini bener, ada yang mendukung teori kalau manager Ji adalah adik dari Su Hyeon, murid kesayangan Chi Yeol yang udah meninggal. Jadi pas pemakaman Su Hyeon, Chi Yeol sempet ketemu sama adiknya. Di situ adiknya bilang kalau Su Hyeon selalu cerita soal Chi Yeol. Kalau beneran manager Ji, dia punya motif yang kuat.

Overall

adegan crash course in romance

Mumpung masih ongoing, cobain deh sama drakor yang satu ini. Meski pemain Crash Course In Romance gak sesuai dengan seleramu. Ceritanya cukup menarik dengan alur yang ringan dan bikin ngakak. Nah, itulah review dari aku. Next review drakor apa lagi nih?

Baca juga: Review 20th Century Girl, Cinta Pertama di Akhir Era 90-an

Riila
Blogger yang hobi nonton film/drama. Kadang suka baca novel, webtoon, manga.

Related Posts

Posting Komentar